Monday, October 13, 2014

Penemu sinar-x




Sinar –x adalah gelombang elektromagnetik yang mempunyai panjang gelombang 10-8 -10-12 m dan frekuensi sekitar 1016 -1020 Hz.sinar ini dpat menembus benda-benda lunak seperti daging dan kulit tetapi tidak dapat menembus benda-benda keras seperti tulang,gigi,dan logam.Sinar x sering di gunakan di berbagai bidang seperti bidang kedokteran,fisika,kimia,mineralogy,metarulugi,dan biologi.

wilhelm Conrad Rontgen adalah orang penemu sinar-x. Wilhelm Corrad Rotgen lahir pada 27 Maret 1845. Beliau penerima pertama penghargaan nobel dalam Fisika, pada tahun 1901, untuk penemuannya pada sinar-x. yang menandai di mulainya zaman fisika modern dan merevolusi kedokteran diagnostik.

 Rontgen kemudian menjadi guru besar fisika di Universitas Strasbourg pada tahun 1876-1879. pada tahun 1888, ia menjadi guru fisika di Universitas Wurzburg, dan pada tahun 1900 Rontgen mengajar di University of Munich, berdasarkan pemintaan dari pemerintah bavarian.

Pada tahun 1895 saat mengadakan percobaan dengan aliran arus listrik dan tabung gelas yang di kosongkan sebagian (tabung sinar katode), Rontgen rontgen  mengamati bahwa potongan potongan barium platinosianida yang berdekatan melepaskan sinar saat tabung itu di operasikan. ia merumuskan teori bahwa saat sinar katode menembus dinding gelas tabung, beberapa radiasi yang tidak di ketahui terbebtuk yang melintasi ruangan, menembus bahan kimia, dan menyebabkan fluoresensi.

Rontgen menolak untuk mengambil paten terkait dengan penemuan ini, karena ia ingin melihat semua umat manusia secara keseluruhan dapat keuntungan dari aplikasi penemuannya ini.
ingin tahu yang lainnya klik di sini

No comments:

Post a Comment